Saturday, April 7, 2012

Catatan Program Fasttrack 3: Ide Thesis Takut Dijiplak?!

Tiba-tiba saya ingin menulis tentang topik ini karena beberapa kali hal ini mencuat di benak saya dan teman-teman. Topik ini mlai memanas saat briefing seminar online dan kami diminta memaparkan rancangan thesis kami. Secara spontan, beberapa teman yang kritis mengeluarkan pendapat "bagaimana jika kita menceritakan rancangan thesis kita dan nanti dijiplak oleh orang lain?". Saya sangat dapat memahami pernyataan tersebut. Tujuan dari seminar online adalah untuk saling berbagi ilmu, tapi jika menyangkut ide, apalagi ide yang dibawa adalah baru, fenomenal, atau kreatif yang berpotensi menjadi penemuan baru, tentu kita pasti akan sangat berhati-hati saat share ide tersebut. Apalagi peserta program fasttrack adalah mahasiswa dengan IP S1 yang tinggi (yang saya anggap merupakan calon penemu semua) dari seluruh Indonesia. Akhirnya, dari seminar online yang saya hadiri, semua teman-teman tidak membawa rancangan thesis melainkan hasil tugas akhir mereka.
Masalah tentang "kerahasiaan" ini kembali mencuat setelah beberapa saat lalu saya dan teman-teman menerima e-mail dari UGM yang intinya adalah agar mengirim abstract thesis sebanyak 4 lembar untuk dikirimkan ke Jerman. Tujuannya sangat mulia, yaitu agar pihak Jerman yang membaca ide berlian kami akan tertarik untuk merekrut kami sekolah di Jerman secara gratis (a.k.a dapat beassiwa S3 di Jerman). Sejak awal memang program fasttrack adalah bagian dari debtswap Indonesia dengan pihak Jerman. Tapi sekali lagi, jika ide yang diminta, tentu akan menimbulkan kontroversi, apalagi kali ini kita tidak tahu akan diberikan ke pihak Jerman mana saja ide kita ini. Hmmm... Akankah masalah ini mencuat lagi ke depannya selama program fasttrack? :p

1 comment:

  1. why o why you are so smart? are you a demigod, superman, or something? salut deh mas pokok'e

    goodluck with your thesis and everything :D

    ReplyDelete